Kajian Kitab di Masjid Al-Ikhwan Wisma Kosgoro Thamrin


Masjid Al-Ikhwan Wisma Kosgoro, lokasi di  Jl. Biliton No.5, RT.9/RW.5, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350.
Masjid Al-Ikwan merupakan salah satu masjid perkantoran yang aktif dan menjadi salah satu pusat kajian Kitab di masjid perkantoran  kawasan thamrin. Kitab-kitab yang dikaji mencakup disiplin ilmu akidah, fikih, tafsir, hadis, dan tasawuf. 

Kitab Tafsir & Tassawuf:  

1.      Tafsir Jalalain, (tafsir dua Jalal)
 Jalaluddin al-Mahalli pada tahun 1459,
 Jalaluddin as-Suyuthi pada tahun 1505.
2.       Irsyadul Ibad (Petunjuk ke Jalan Lurus)
 Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin al-Malibari (Malabar, India)
3.       Nashaihul Ibad
 Syekh Nawwawi al-Bantani (Banten, Jawa, Indonesia)
 …….  Dll. 

Kitab Hadist: 
Kitab hadist yang menjadi kajian adalah Kitab Riyadhus Shalihin, Shahih Bukhari, Shahih Muslim, dan Arbain yang disusun oleh Imam Nawawi.  

Nama guru (Habaib dan Ulama) yang mengajar tetap di Masjid Al-Ikwan : 
2. Ustadz Fahrurrozi Ishaq 
3. Ustadz Abu Yazzir
4. Ustadz. Ubaidillah (Ubay)


Selain kajian rutin, di Masjid tersebut juga terdapat agenda rutin, yaitu pengajian bulanan, yang sedikit berbeda adalah menghadirkan Ustadz dengan Tema materi yang berbeda, seperti Materi ilmu Hadits beserta perawi yang dibawakan oleh Ustadz Abdi Kurnia,  Ilmu Fiqih oleh Ustadz H. Thohir, dan Ustadz terkenal seperti H. Rhoma Irama, Ihsan Tandjung, Ust. Koko Liem dll.

Jamaah Masjid Al-Ikhwan mayoritas merupakan para karyawan yang bekerja di sekitar lokasi masjid, seperti karyawan Sinarmas, Pertamina, Dinas Pemda Kalimantan Selatan, Wisma Nusantara, Inti Bangun Sejahtera, Istidata Prima, dll.

“Allah menjaga tempat yang dicintai-NYA”  
Pada saat kebakaran hebat melanda perkantoran Wisma Kosgoro pada Senin tanggal 9 Maret 2015, Masjid Al-Ikhwan Wisma Kosgoro yang lokasinya berada persis di belakang kantor tidak mengalami kerusakan yang berarti, hanya puing-puing berjatuhan yang menyebabkan atap masjid bocor, disamping saluran air yang bermasalah. 
Saat ini jamaah Masjid Al-Ikhwan semakin banyak , terutama pada waktu pengajian ba’da sholat dzuhur hampir ruangan atas masjid selalu penuh. Terlebih lagi pada saat bulan Ramadhan dipastikan Masjid penuh bahkan sampai di luar (Lantai  4 parkiran). 

Dari tahun 2007/2008 Pengurus Masjid Al-Ikhwan saat itu adalah Ust. Zaenal Muttaqin Alm (Bekasi), sejak beliau wafat kepengurusan Masjid diamanahkan pada Ust. Ubaidillah (Ust. Ubay) sampai dengan sekarang (2018). 

Snapshot Masjid Al-Ikhwan Wisma Kosgoro
--------------- Catatan penulis. 
Ciri khas dari Masjid tersebut salah satunya adalah lokasi Masjid yang berada di Lantai 4 parkiran Wisma Kosgoro, dimana untuk mencapai lokasi Masjid Jamaah harus menaiki tangga dan jalan melalui jalur/ jalan kendaraan, dikarenakan memang tidak tersedia Lift. Sehingga disimpulkan  jamaah dengan Niat, semangat dan jasmani sehat yang mampu menunaikan sholat berjamaah di Masjid tersebut. :) 

Pertama kali mengikuti kajian di Masjid tersebut awal tahun 2007, saat itu Jamaah yang rutin mengikuti pengajian Habib dan Ustadz hanya beberapa orang (9-12 orang), dan saat blog ini ditulis (2018) jamaah Masjid Al-Ikhwan Masyaa Allah sudah banyak, bahkan jika kita terlambat datang untuk sholat berjamaah bisa dipastikan tidak mendapatkan tempat di ruang utama Masjid.

Aktifitas Pengajian di Masjid AL-Ikhwan Wisma Kosgoro




Subscribe to receive email update:

0 Response to "Kajian Kitab di Masjid Al-Ikhwan Wisma Kosgoro Thamrin"

Post a Comment

Klik to join with 212 Mart